Tips Dalam Memilih Empeng Bayi Dari SehatQ

empeng bayi

Empeng bayi untuk dijual di mana saja dengan berbagai merk dan model. Sebagai seorang ibu, tentu membutuhkan empeng ini salah satunya untuk membuat bayi belajar mengunyah dan merangsang pertumbuhan gigi. Nah dalam pemilihan empeng tentu anda harus mengetahui poin-poin penting ketika pemilihannya.

Tentu saja hal-hal penting yang harus diperhatikan ini berguna untuk kenyamanan bayi saat menggunakan empeng. Berikut ini beberapa tips dalam pemilihan empeng bagi bayi.

1. Sesuaikan Dengan Usia Bayi

Pertama sekali yang harus anda lakukan dalam pemilihan 4 yaitu sesuaikanlah dengan usia bayi. Biasanya empeng yang kecil dibuat untuk bayi yang baru lahir. Nah ada pula empeng yang memang dibuat untuk bayi mulai usia 3 sampai 6 bulan untuk membantu kemampuan hisap bayi meningkat.

Di pasaran ada juga empeng bayi yang bisa digunakan untuk 6 sampai 18 bulan. Empeng ini memiliki ukuran yang lebih besar dan teksturnya agak keras. Tentu saja karena gigi bayi yang sudah mulai bertumbuh. Untuk itu Anda harus menyesuaikan empeng dengan usia anak.

2. Sesuaikan Bahan Dengan Kebutuhan

Tentu saja, pemilihan empeng bayi Anda akan melihat bahan seperti apa dan teksturnya yang dipakai. Umumnya, dulu empeng terbuat dari material karet alami yang lembut. Ini bukan tanpa alasan, sebab empeng lembut akan membuat bayi lebih mudah beradaptasi dengan produk tersebut.

Namun kini sudah banyak empeng dibuat dari bahan silikon karena bentuknya yang tidak mudah berubah seperti misalnya dari karet alami. Maka dari itu penting bagi anda untuk memilih empeng yang bahannya cocok dan disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Fitur Tambahan

Biasanya empeng yang berkualitas, maka dijual dengan beberapa fitur lengkap. Fungsinya tentu saja berbeda-beda pada setiap fitur yang dihadirkan. Nah sebaiknya Anda memilih produk empeng yang memiliki fitur latihan bernafas dan juga mampu mencegah pertumbuhan gigi yang tidak rata akibat terlalu banyak menggunakan empeng.

Akan lebih baik jika obu memiliki emping yang udah fitur glow in the dark, ketika hilang pada malam hari mudah ditemukan kembali. Lalu usahakan empeng memiliki pengait. Pengait Ini fungsinya untuk membuat empeng tidak mudah jatuh sehingga kotor dan terkena kuman dan debu.

4. Mudah Dirawat

Ibu juga harus memilih empeng yang mudah dirawat dan dibersihkan. Tentu saja membersihkan empeng yang harus dilakukan secara rutin agar kotorannya tidak mengganggu kesehatan bayi terutama sistem imunnya. Mencuci empeng biasanya dengan model sterilisasi yaitu direbus, dicuci atau dimasukkan dalam microwave.

Namun pada beberapa empeng memang dirancang khusus untuk proses pencuciannya lebih mudah untuk bayi 0 sampai 4 bulan. Pastikan pula ketika empeng terjatuh ke lantai langsung disterilisasi saat itu juga atau diganti dengan empeng yang lainnya. Hal ini untuk jaga-jaga agar bayi tidak terpapar bakteri dan kuman.

5. Samakan Dengan Merk Botol Susu

Jika anak menggunakan empeng dan juga menyusu menggunakan botol, pilih empeng yang sama mereknya dengan botol susu. Hal ini memudahkan anak untuk menerima empeng dan suka memakainya karena sebelumnya sudah nyaman dengan puting pada botol susunya.

Anda bisa melihat review dan rekomendasi empeng yang berkualitas di SehatQ. Hal ini berguna untuk mempermudah Anda menemukan empeng yang berkualitas.

Itu tadi beberapa tips dalam pemilihan empeng bayi. Bagi Anda yang ingin membeli produk empeng bingung memilih model atau merek mana yang bagus, bisa langsung melihat perbandingannya hanya di SehatQ. Platform ini memiliki banyak informasi kesehatan yang akurat dan sesuai dengan fakta. Di samping itu, platform kesehatan ini juga menyediakan berbagai produk kesehatan yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Kesehatan